Cara Menanam Bibit Jeruk Lemon Amerika Di Lahan Perkebunan

Cara Menanam Bibit Jeruk Lemon Amerika Di Lahan Perkebunan – Halo sahabat Tani Organik pecinta tanaman, mumpung masih musim hujan ayo kita menanam. Seperti yang akan saya ulas dalam artikel ini, tentang cara menanam bibit jeruk lemon amerika di lahan perkebunan. Menanam lemon import seperti lemon amerika ini menjadi keuntungan tersendiri, karena apa? jeruk lemon amerika memiliki nilai harga sangat tinggi dibanding lemon biasa, bisa mencapai 3 kali lipat harganya. Jeruk lemon amerika ini memang sangat mendominasi di pasaran khususnya di pasar modern, dan banyak diminati oleh konsumen. Saat ini, kebutuhan akan lemon amerika masih di datangkan dari negara seperti china dan amerika, padahal petani kita mampu menanam dan menghasilkan lemon import ini dengan kesuburan tanah kita. Dari itu, menanam jeruk lemon amerika merupakan prospek keuntungan yang sangat besar. Mudah-mudahan banyak petani kita yang menanam jaruk lemon import seperti lemon amerika ini, dari hal tersebut saya ingin mengshare cara menanam bibit jeruk lemon amerika, insyaalloh bisa tumbuh dengan subur. Mari kita simak penjelasannya...

Cara Menanam Bibit Jeruk Lemon Amerika Di Lahan Perkebunan
1. Memilih Bibit Jeruk Lemon Amerika yang Berkualitas.
Dalam memilih bibit yang berkualitas, sahabat Tani Organik harus pilih bibit jeruk lemon amerika yang bebas dari hama dan penyakit serta cukup umur untuk di pindah tanaman. Bibit jeruk lemon amerika memiliki batang kokoh, tidak keriput atau kurus, memiliki daun yang hijau sehat dan tidak kuning kering.
2. Lokasi Penanaman Bibit Jeruk Lemon Amerika.
Untuk menentukan lokasi penanaman, bisa ditanam di lahan perkebunan atau lahan pekarangan yang agak luas agar akar pohon jeruk lemon amerika berkembang dengan baik. Lokasi penanaman perlu tersinari matahari full, jangan ada pohon yang merindangi penanaman bibit jeruk lemon amerika.
3. Menggali Lobang Tanam.
Setelah memilih lahan yang bagus untuk penanaman bibit lemon amerika, selanjutnya buatlah lobang tanam ukuran kisaran 50x50x50 cm dengan menggunakan cangkul. Kemudian, tanah untuk menutup lubang tanam dicampur dengan kompos/pupuk kandang yang telah difermentasi, aduk sampai tercampur semuanya, tutup campuran tanah + kompos dengan plastik.
4. Mengistirahatkan Lahan.
Diamkan lubang tanam dan campuran tanah+kompos tadi selama 1 minggu, untuk menghilangkan panas pada campuran tanah dan kompos.
5. Mulai Menanam.
Setelah siap, bibit jeruk lemon amerika siap untuk di tanam pada lubang tanam yang sudah dibuat. Jika bibit pada polybag, sobek polybag dengan hati-hati jangan sampai mengganggu perakaran bibit. Letakkan bibit pada lubang, penanaman harus tegak lurus jangan sampai miring.
6. Menutup Lubang Tanam.
Setelah bibit diletakan di lubang tanam dengan baik, tutuplah dengan tanah campuran kompos yang sudah disediakan. Agar tanaman tidak gampang roboh, bisa menginjak-injak tanah penutup namun jangan sampai terlalu padat.
7. Penyiraman.
Setelah penanaman selesai, penyiraman pertama dilakukan pada bagian lubang tanam yang telah ditutup tadi. Lakukan penyiraman sampai meresap ke akar. Gunakan alat seperti embrat agar penyiraman bisa merata.
8. Memasang Ajir.
Sebaiknya untuk memulai menanam bibit diberikan ajir sebagai penopang tanaman bibit agar tidak mudah roboh yang bisa disebabkan oleh terpaan angin yang telalu kencang atau gangguan hewan. Ukuran ajir yang dipakai kisaran tinggi 1,5 meter biasanya dibuat dari bambu.
9. Pemupukan Rutin.
Faktor yang sangat penting untuk pertumbuhan bibit dengan baik, yakni pemberian nutrisi secara rutin. Asupan nutrisi yang rutin bisa mempercepat pertumbuhan tanaman jambu lemon amerika juga merangsang tumbuhnya pembuahan. Pemupukan rutin bisa dengan cara organik murni atau dengan kombinasi kimia. Silahkan sahabat Tani Organik bisa memilih salah satunya..
  • Cara kombinasi kimia : 20 butir NPK buah + 1 kg kompos/pupuk kandang + 1 sdt POC BMW
  • Cara Organik : 1 sdm KOCOR BMW + 1 sdt POC BMW
Pemberian nutrisi ini sebaikanya rutin dilakukan 1 bulan sekali.
10. Mempercepat Munculnya Bunga/Buah
Umumnya pembuahan dari lemon amerika berkisar 1-2 tahunan. Untuk mempercepat munculnya bunga/buah jeruk lemon amerika, perlu diberikan juga pupuk perangsang buah. Pupuk perangsang buah yang sering saya berikan yakni POC BMW. Pengaplikasian POC BMW dengan disemprotkan ke tanaman 1 bulan sekali, dosis 3 tutup POC BMW + 15 liter air.
11. Perawatan
Selain pemupukan, beberapa perawatan juga perlu dilakukan untuk menunjang pertumbuhan jeruk lemon amerika tumbuh secara optimal dan sehat seperti pemangkasan cabang-cabang yang tidak perlu, melakukan penyiraman secara teratur, siangi rumput disekitaran tanaman, karena dapat meresap nutrisi baik bagi tanaman jeruk lemon amerika.
12.Penanggulangan Hama & Penyakit
Tanaman jeruk juga sering ditemukan serangan hama berupa Kutu loncat (Diaphorina citri), Kutu daun (Toxoptera citridus aurantii), Ulat peliang daun (Phyllocnistis citrella),Tungau (Eriophyes sheldoni Tetranychus sp), Penggerek buah (Citripestis sagittiferella). Penanggulangannya dengan Semprotkan ANTILAT 5 hari sekali, dosis 4 tutup btl per 17 ltr air.
Akibat dari hama juga, tanaman jeruk dapat terjangkit penyakit seperti CVPD, Tristeza, Woody gall (Vein Enation), Blendok, Embun tepung. Apabila tanaman jeruk lemon amerika sahabat, terserang penyakit tersebut penanggulangannya bisa dengan menyemprotkan NOPATEK 4 hari sekali, dosis 4 tutup btl per 17 ltr air.
Mungkin itu saya ulasan mengenai Cara Menanam Bibit Jeruk Lemon Amerika Di Lahan Perkebunan, Semoga membantu dan banyak sahabat Tani Organik yang lekas ingin menanam bibit jeruk lemon amerika, supaya bisa menghasilkan sendiri sehingga tidak tergantung suply dari negara lain. Salam sukses..
Jangan lupa, lihat referensi kami lainnya :

Comments