Aplikasi Hormona untuk “Memaksa” Pohon Pisang Cepat Berbuah

Guna merangsang pohon pisang cepat berbuah, silakan sahabat Taniorganik mencoba trik langka berikut ini. Trik ini cocok bagi sahabat yang punya perkebunan pisang besar untuk tujuan komersil. Melalui teknik ini, kita seolah “memaksa” pohon pisang untuk segera berbuah, dan lokasi muncul tandan buahnya adalah di tengah-tengah batangnya. Alhasil, proses panen pun jadi lebih mudah karena posisi tandan dekat ke permukaan tanah. Praktiknya cukup singkat dan mudah. Yang perlu sahabat siapkan adalah 1 botol HORMONA + air.
1. Langkah pertama adalah memilih pohon pisang yang cukup dewasa yang akan kita beri perlakuan.
2. Lakukan penyiangan: membuang pelepah dan daun-daun pisang yang sudah rusak atau tua.
3. Kemudian lubangi batang pisang secara persegi panjang (20 x 9 cm) menggunakan golok atau pisau. Posisi lubang sekitar 140 cm dari atas tanah. Pastikan batang inti/hati dipotong juga dan dibuang.

4. Amati sekitar 5-7 hari, biasanya batang hati yang kita potong akan tumbuh memanjang dengan cepat. Segera semprot hati dengan larutan HORMONA untuk merangsang hati menumbuhkan bakal buah yang sehat dan berkualitas. Formula larutan: Air 1 liter + HORMONA 1 tutup (15 ml).
5. Ulangi penyemprotan HORMONA pada 3 hari berikutnya.
 6. Jika hati tumbuh hampir mencapai batas atas lubang, sisipkan triplek atau lempeng plastik ukuran 7 x 15 cm di atasnya agar hati tumbuh melengkung keluar batang utama.

7. Selanjutnya kita tinggal menunggu hati terus tumbuh dan memunculkan bakal buah. Jika tidak ada kendala, kemunculan sekitar 1 bulan atau lebih.
8. Bakal buah yang sudah terbentuk harus kita bungkus menggunakan plastik atau karung beras plastik sehingga aman dari penyakit dan hama.
9. Langkah selanjutnya kita hanya perlu melakukan perawatan normal sampai buah pisang siap panen. Perawatan ini meliputi pemupukan bawah (menggunakan kompos atau pupuk lain yang biasa kita gunakan), penyiraman, penyiangan gulma, pemangkasan daun dan pelepah tua atau rusak.
 Selamat mencoba, dan jika Anda berhasil silakan infokan kepada kami
 Terimakasih sahabat TaniOrganik atas kunjungannya. Kalau laman ini bermanfaat silakan dishare di Facebook atau Twitter. Ditunggu pula partisipasinya untuk mengisi komentar pada form di bawah.
PEMESANAN PRODUK : SMS/WA: 085310234897

Comments